Senin, 25 Oktober 2010

Seminar Nasional APBI

SEMINAR NASIONAL
Pembelajaran Bahasa Indonesia
Tasikmalaya, 28 -29 Oktober 2010


A. Pendahuluan
Bahasa Indonesia berperan dalam pengembangan intelektual, sosial, dan emosional peserta didik. Pengembangan ini berlangsung dalam konteks pembelajaran. Bahasa Indonesia menjadi media berpikir untuk memahami dan merefleksi materi pelajaran lain yang dipelajari peserta didik. Bahasa Indonesia berperan juga dalam membangun aspek mental peserta didik di sekolah. Bahasa Indonesia merupakan alat berkomunikasi dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotorik peserta didik di sekolah.
Pembelajaran bahasa Indonesia di lembaga pendidikan harus dapat membantu peserta didik mengenal diri dan budayanya, serta budaya orang lain. Peserta didik harus dibantu dalam mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Upaya-upaya itu sedang diupayakan oleh para pendidik. Untuk mengungkap keberhasilan, permasalahan, dan kendala yang dihadapi para pendidik diperlukan suatu media bertukar informasi tersebut.
Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia (APBI) yang didirikan dengan maksud melakukan pembinaan terhadap pengajar dan pendidik bahasa Indonesia bermaksud menggali persoalan pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi atau di sekolah-sekolah dan menyodorkan solusinya. Oleh karena itu, APBI bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional bagi anggota maupun bagi non-anggota. Kegiatan seminar ini untuk yang pertama kalinya akan diselenggarakan di Kampus Universitas Siliwangi Tasikmalaya.

B. Tujuan
Seminar Nasional APBI yang pertama kali ini diselenggarakan dengan tujuan:
(1) Merealisasikan program kerja sebagaimana tugas pokok dan fungsi Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia yang tertuang dalam Anggaran Dasar Bab II Pasal 7 ayat 2 yaitu “Menyelenggarakan pertemuan ilmiah rutin, pada setiap bulan Oktober untuk mengomunikasikan berbagai temuan ilmiah dan gagasan terbaru yang berkaitan dengan pendidikan bahasa Indonesia”;
(2) Bersilaturahim dengan sesama anggota atau pendidik bahasa Indonesia di perguruan tinggi atau di sekolah-sekolah dalam rangka menghimpun fenomena atau permasalahan yang dihadapi sebagai bahan pertimbangan pengurus dalam menyampaikan rekomendasi kepada penentu kebijakan;
(3) Menyediakan media bagi pengajar dan pendidik bahasa Indonesia untuk bertukar pikiran atau menuangkan hasil kajian/penelitian yang memiliki nilai sangat berharga bagi peningkatan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia di perguruan tinggi atau di sekolah-sekolah.

C. Tema Kegiatan
Seminar Nasional ini mengangkat tema:
“Pembelajaran Bahasa Indonesia yang cerdas dan berkualitas”

D. Pembicara
Pembicara utama yang mengangkat tema di atas ke dalam Seminar Nasional ini adalah:
(1) Prof. Dr. Yus Rusyana (Universitas Pendidikan Indonesia)
(2) Dr. Andoyo Sastromiharjo (Universitas Pendidikan Indonesia)
(3) Ibnu Wahyudi (Universitas Indonesia)
(4) Siti Hamama dan Ahmadun Yosi Herfanda (Penyair)

E. Peserta
Kegiatan Seminar Nasional ini akan diikuti oleh pengajar bahasa Indonesia di perguruan tinggi dan sekolah-sekolah serta seluruh anggota APBI dan perwakilan pengurus daerah yang sudah terbentuk, yaitu APBI Cabang Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Malang, Surabaya, Medan, Denpasar, Bengkulu, dan Banda Aceh.

F. Waktu Pelaksanaan
Pelaksanaan seminar ini adalah tgl 28-29 Oktober 2010. Adapun rincian jadwal acara Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia adalah sebagai berikut.
ACARA SEMINAR NASIONAL & PENTAS SASTRA
APBI DI UNSIL TASIKMALAYA TGL 28-29 OKTOBER 2010
Waktu Materi Pembicara/Pelaksana
Kamis,
28 Okt 2010
08.00-10.00
Pendaftaran Ulang Calon Peserta dan Perlengkapan Seminar Panitia
10.00-11.30 Acara Pembukaan Seminar Laporan Ketua Panitia
Sambutan Rektor Universitas Siliwangi
Sambutan Ketua Umum APBI
Pentas Sastra/Happening Art
11.30-13.00 Sholiskan dan Peserta Check in Panitia
(Check in bagi peserta yang menginap)
13.00-15.00 Sidang Pleno I:
Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Cerdas dan Berkualitas Pembicara: Prof.Dr.Yus Rusyana
Dr. Andoyo Sastromiharjo
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Ibnu Wahyudi, M.Si.
Universitas Indonesia)
Pemandu: Hendaryan, Drs. M.M.
Penulis : Titin Kusmini, Dra.M.Pd.
15.00-15.30 Sholiskan Panitia
15.30-17.30 Sidang Pleno II:
Pembelajaran Bahasa Indonesia melalui Pengembangan Siswa Aktif, Keberwacanaan, dan Berbasis Pemecahan Masalah Pembicara: Dr. Yeti Heryati, M.Pd.
(Universitas Islam Negeri Bandung)
Dr. Isah Cahyani, M.Pd.
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Hj.Yeti Mulyati, Dra. M.Pd.
(Universitas Pendidikan Indonesia)
Pemandu: Hj. Iis Lisnawati, Dra.M.Pd
Penulis : Iin Tjarsinah, Dra.
17.30-19.30 Sholiskan
19.30-22.00 Ramah Tamah dan Malam Hiburan:
(1) Pentas Baca Puisi Penyair
(2) Musikalisasi Puisi Unsil
(3) Pementasan Teater Unsil (1) Mustafa Ismail
(2) Fatin Hamama
(3) Rukmi Wisnu Wardhani
(4) Helvy Tiana Rosa

22.00-…. Peserta beristirahat Panitia
Khusus Pengurus APBI berdiskusi untuk membahas Seminar Nasional APBI Tahun 2011
Pengurus APBI

Jumat,
29 Okt 2010

08.00-10.00 Komisi A:
Pembelajaran Bahasa Pemandu: Titin Setiartin,Dra. M.Pd.
Penulis : Kinkin Kuswandi,S.Pd.
1 Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia Dr. Asep Nurjamin,M.Pd.
(STKIP Garut)
2 Wacana Jurnalistik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA Dadang S. Anshori, Drs. M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
3 Pengajaran Berpikir Logis melalui Lagu-lagu Populer Indonesia Lina Meilinawati, Dra.M.Hum. (Universitas Pajajaran Bandung)
4 Teks dengan Isu Kontroversial dan Kemahiran Berpikir Kritis Dr. Hj. Safrina Noorman
(Universitas Pendidikan Indonesia)

08.00-10.00 Komisi-B:
Pembelajaran Sastra Pemandu: Sirojul Munir, Drs. M.M.
Penulis : Yus Rusmana, S.Pd.
1 Pembelajaran Sastra yang Berkarakter dan Mencerdaskan Dr. Maman Suryaman, M.Pd. (Universitas Negeri Yogyakarta)
2 Memahami Puisi Kontemporer melalui Pendekatan Semiotik Kuswara, Drs. M.Pd.
(STKIP Sebelas April Sumedang)
3 Bahan Ajar Sastra yang Apresiatif, Ekspresif, dan Kontekstual Dede Endang, Drs. M.Pd. (Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
4 Pembelajaran Bersastra dengan Model Advance Organizer Sumiyadi, Drs. M.Pd.
(Universitas Pendidikan Indonesia)

08.00-10.00 Komisi-C:
Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Pemandu: Dra. Yuyun Yuniawati,M.Pd.
Penulis : Sri Mulyani, Dra. M.Pd.
1 Pembelajaran Kreativitas Berbahasa dalam Menulis Esai di Sekolah Dr. Siti Maryam, M.Pd.
(Universitas Suryakancana Cianjur)
2 Meningkatkan Keterampilan Menulis dengan Pendekatan Kolaboratif Khaerudin Kurniawan, Drs. M.Pd. (Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
3 Pengembangan Silabus Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Kolaborasi Jaja, Drs. M.Hum.
(Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon)
4 Family Literacy: Kiat Menumbuhkan Potensi dan Kemampuan Literasi Anak Kholid A. Harras
(Universitas Pendidikan Indonesia Bandung)
10.15-10.45 Upacara Penutupan Seminar Laporan Ketua Panitia dan Penyampaian Rekomendasi
Sambutan Ketua APBI sekaligus menutup acara
Tasikmalaya, 28 Oktober 2010
Ketua Panitia, Sekretaris Panitia,



Prof. Dr. Dedi Heryadi, M.Pd. Drs. Jojo Nuryanto, M.Hum.

Diketahui oleh
Ketua Umum APBI,



Prof.Dr. Suherli Kusmana, M.Pd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar