Sabtu, 22 Agustus 2009

Undangan Seminar Nasional

ASOSIASI PENGAJAR BAHASA INDONESIA
Himpunan Profesi Guru dan Dosen Bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia
Sekretariat: Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Jl. Dr. Setiabudhi Nomor 229 Universitas Pendidikan Indonesia Bandung
Jl. Laks. R.E. Martadinata No. 150 Universitas Galuh Ciamis


Nomor : 18/SU/KS-APBI/SN/VIII/09 20 Agustus 2009
Lampiran : 1 (satu) berkas
Perihal : Undangan Seminar Nasional



Kepada
Yth. Guru dan Dosen
bidang Pembelajaran Bahasa Indonesia
di seluruh Indonesia




Assalamu’alaikum war.wab.,
Asosiasi Pengajar Bahasa Indonesia (APBI) sebagai himpunan profesi guru dan dosen bidang pembelajaran bahasa Indonesia bermaksud menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema “Pembelajaran Bahasa Indonesia yang cerdas dan berkualitas”. Seminar ini akan dilaksanakan di Universitas Siliwangi Tasikmalaya pada tanggal 26-28 Oktober 2009.
Pada saat ini pembelajaran bahasa Indonesia di satuan pendidikan diarahkan agar dapat membantu peserta didik mengenal diri dan budayanya, serta budaya orang lain. Peserta didik dibantu dalam mengemukakan gagasan dan perasaan, berpartisipasi dalam masyarakat yang menggunakan bahasa tersebut, dan menemukan serta menggunakan kemampuan analitis dan imaginatif yang ada dalam dirinya. Pembelajaran bahasa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik untuk berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dengan baik dan benar, baik secara lisan maupun tulis, serta menumbuhkan apresiasi terhadap hasil karya kesastraan manusia Indonesia. Upaya-upaya itu sedang dilakukan oleh para pendidik. Untuk mengungkap keberhasilan, permasalahan, dan kendala yang dihadapi mereka maka APBI menyediakan media tukar informasi tersebut dalam suatu Seminar Nasional yang diselenggarakan di Universitas Siliwangi Tasikmalaya.
Pada Seminar Nasional ini akan disajikan 4 makalah untuk Sidang Pleno dan 24 makalah untuk Sidang Komisi. Untuk itu, kami mengundang para pakar, peneliti, pemerhati, atau praktisi (guru dan dosen) untuk menyajikan makalah hasil penelitian atau kajian yang sesuai dengan tema seminar. Makalah dapat disampaikan kepada panitia mulai 28 Agustus sampai dengan 19 September 2009 melalui email: seminarnasional@gmail.com. Makalah yang terpilih akan diumumkan 30 September 2009 melalui http://www.argumen-apbi.blogspot.com atau melalui email pengirim.
Pendaftaran peserta Seminar Nasional dilakukan mulai 1 – 17 Oktober 2009 melalui sms ke nomor: 08122282681 dan 081313804747 atau email ke: daftarseminarnasional@yahoo.com. Biaya seminar Rp 200,000 dikirim melalui Bank Mandiri Nomor Rekening: 1310055005559. Jika peserta memerlukan akomodasi, panitia menyediakan hotel di sekitar Kampus Unsil dengan biaya tambahan sebesar Rp 200,000. Peserta akan beroleh seminar kit, makalah, sertifikat Seminar Nasional dan sertifikat Lokakarya, serta menyaksikan pementasan Teater Universitas Siliwangi. Formulir pendaftaran terlampir.
Sehubungan dengan hal di atas, kami mengundang Bapak/Ibu untuk berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Kami berharap dari setiap satuan pendidikan (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SMK/MAK) dan LPTK yang menyelenggarakan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dapat mengirimkan perwakilannya, baik sebagai pemakalah maupun sebagai peserta pada acara tersebut. Seminar Nasional ini akan menjadi momentum tahunan bagi para guru dan dosen untuk bersilaturahim dan berbagi informasi tentang pembelajaran bahasa Indonesia.
Demikian undangan kami, atas perhatian dan kesediaan Bapak/Ibu mengikuti kegiatan ini, kami sampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum war.wab.,

Ketua Umum, Sekum APBI,

ttd ttd

Prof.Dr. Suherli Kusmana, M.Pd. Drs. Dadang Ansori, M.Pd.

2 komentar:

  1. kapan diumumkan calon pemakalahnya, kok sampai tanggal 13 oktober 2008 belum muncul di APBI-Argomen.Blogspot?

    BalasHapus
  2. APBI... ada hubungan keluarga dengan PGRI...

    Tampaknya akan banyak lembaga yang beranak pinak dan akhirnya jadi anak tiri...
    (negatif tihinking ya Prof.)
    any way... semoga berhasil...

    BalasHapus